Windows XP adalah jajaran sistem operasi berbasis grafis yang dibuat oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, yang mencakup komputer rumah dan desktop bisnis, laptop, dan pusat media (Media Center). Nama "XP" adalah kependekan dari "Experience". Windows XP merupakan penerus Windows 2000 Professional dan Windows Me, dan merupakan versi sistem operasi Windows pertama yang berorientasi konsumen yang dibangun di atas kernel dan arsitektur Windows NT.

Windows XP tersedia dalam berbagai macam edisi. Edisi yang paling umum dari sistem operasi Windows XP adalah Windows XP Home Edition, yang ditargetkan untuk pengguna rumahan, dan juga Windows XP Professional, yang menawarkan fitur-fitur tambahan seperti dukungan untuk domain Windows Server dan dua prosesor fisik, dan ditargetkan di pasar power user, bisnis dan perusahaan klien. Sementara itu, Windows XP Media Center Edition memiliki fitur multimedia tambahan yang menawarkan kemampuan untuk merekam dan menonton acara TV, melihat film DVD, dan mendengarkan musik. Ada lagi Windows XP Tablet PC Edition didesain khusus untuk platform PC Tablet, yakni sebuah komputer pribadi yang menggunakan stylus. Windows XP akhirnya dirilis untuk dua arsitektur tambahan selain tentunya Intel i386, yang disebut dengan Windows XP 64-bit Edition untuk prosesor berarsitektur IA-64 (Itanium) dan Windows XP Professional x64 Edition untuk prosesor berarsitektur x86-64. Ada juga Windows XP Embedded, sebuah versi Windows XP Professional yang dikurangi segala fiturnya di sana sini untuk pasar tertentu, dan Windows XP Starter Edition yang dijual di beberapa negara berkembang. Pada pertengahan 2009, sebuah pabrik pertama mengungkapkan bahwa mereka memiliki sebuah telepon selular berbasis sistem operasi Windows XP.

Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara install Windows XP. Pertama-tama Anda harus sudah menyiapkan kepingan CD Windows XP. Dan pastikan komputer atau PC Anda memiliki Hardware CD/DVD Drive. Berikut ini langkah-langkahnya:
  1. Ubah Boot Priority yang ada di BIOS pada komputer dengan cara Menekan Delete, Esc, F1, atau F2 (tergantung jenis motherboard) pada keyboard saat komputer baru dinyalakan. Pada BIOS SetUp, cari menu yang berhubungan dengan Boot Priority dan jadikan CDROM atau DVDROM sebagai urutan pertama dan Harsdisk/HDD urutan keduanya, save dan restart (setiap komputer kadang berbeda tipe BIOS dan menunya, tapi yang penting jandikan CDROM di urutan pertama). Simpan perubahan konfigurasi BIOS.
  2. Tunggu sampai ada tulisan Press any key to boot from CD... (pastikan kepingan CD Windows XP sudah dimasukkan kedalam CDROM atau DVDROM, kalau belum silahkan masukkan CD dan restart komputer), tekan sembarang tombol untuk melanjutkan booting dari CD.
    Apabila hardisk yang terpasang belum terpartisi, maka akan langsung muncul seperti gambar berikut ini.
  3. Setelah muncul Windows Setup, tunggu karena pada saat ini file-file dari CD sedang di load ke komputer.
  4. Ada tiga pilihan Instalasi, Enter untuk menginstal Windows XP, "R" untuk Repair Windows XP yang sebelumnya sudah terinstal, dan F3 untuk keluar dari proses istalasi. Karena kita akan meng-install Windows XP tekan Enter untuk melanjutkan.
  5. Akan ada Windows XP Licensing Agrement, tekan F8 untuk menyetujui ketentuannya.
  6. Selanjutnya adalah proses Pastisi Harddisk, berhati-hatilah pada tahap ini karena kesalahan dalam membuat partisi dapat berakibat hilangnya data dari hardisk Anda. Apabila hardisk sudah ada partisinya dan Anda yakin tidak ada data yang perlu diselamatkan, hapuslah semua partisi yang ada tersebut dengan menekan D (Delete Partition). Setelah tidak ada partisi dalam hardisk (Unpartitioned space) Tekanlah Enter untuk langsung menginstall tanpa membuat partisi, atau apabila ingin membuat partisi terlebih dahulu tekan C (Create Partition).
  7. Setelah menekan  C (Create Partition) akan muncul halaman seperti tampak pada gambar di bawah ini. Dalam kasus ini kita akan membagi hardisk menjadi 2 partisi, partisi pertama sebesar 50% dari total kapasitas hardisk untuk System dan sisanya untuk Data. Caranya adalah kalikan total kapasitas hardisk (perhatikan tanda panah pada gambar dibawah ini)  dengan 50%. 16379 x 0.5 =  8189. Ketikkan 8189 pada field Create partition of size (in MB). Kemudian tekan Enter untuk membuat partisi.
  8. Hasil pembuatan partisi akan tampak seperti pada gambar di bawah ini.
  9. Arahkan field tersorot pada field Unpartitioned space lalu tekan  C (Create Partition) untuk membuat partisi berikutnya. Langsung tekan Enter untuk membuat semua space tersisa menjadi partisi kedua.
  10. Setelah 2 partisi berhasil kita buat, langkah selanjutnya adalah memilih di partisi mana Windows XP akan di install. Kita pilih Partition1 lalu tekan Enter.
  11. Langkah berikutnya adalah men-format partisi, ada 4 pilihan disini: Format partisi dengan file system NTFS secara cepat,  Format partisi dengan file system FAT secara cepat, Format partisi dengan file system NTFS, dan Format partisi dengan file system FAT. Kita pilih saja Format partisi dengan file system NTFS secara default lalu tekan Enter untuk melanjutkan.
  12. Tunggu hingga proses format selesai.
  13. Silahkan tunggu sampai Setup memeriksa disk Anda. Ini mungkin akan memakan waktu beberapa menit tergantung pada ukuran disk.
  14. Silahkan tunggu sampai Setup menyalin file ke folder instalasi Windows. Ini mungkin memakan waktu beberapa menit untuk menyelesaikannya.
  15. Sebagian dari Setup telah selesai dengan sukses. Untuk me-restart komputer Anda, tekan ENTER. Setelah komputer Anda restart, Setup akan berlanjut.
  16. Ketika restart, pastikan komputer Anda booting dari hardisk, lalu akan muncul start up logo Windows.
  17. Berikutnya adalah proses instalasi devices berbasis grafik seperti gambar dibawah ini.
  18. Klik tombol Next untuk langsung melanjutkan, atau klik tombol Customize untuk memilih regional dan bahasa seperti yang kita inginkan.  
  19. Pilih Standarts and Formats dan Location menjadi Indonesian.
  20. Masukkan nama dan organisasi Anda kemudian Next.
  21. Masukkan kode Product Key (ada pada CD case) kemudian klik tombol Next.
  22. Edit nama komputer dan Password administrator, kemudian klik Next.
  23. Sesuaikan Date & Time dan ubah Time Zone menjadi (GMT+07:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta.
  24. Tunggu, sedang proses instalasi jaringan
  25. Konfigurasi jaringan, pilih Typical Settings saja kemudian klik Next.
  26. Langsung klik Next
  27. Proses install Windows dilanjutkan, masih butuh waktu beberapa lama.
  28. Untuk memperbaiki penampilan dari elemen visual, Windows secara otomatis akan menyesuaikan resolusi layar Anda.Klik OK.
  29. Windows telah menyesuaikan resolusi layar Anda. Jika Anda dapat membaca teks ini, klik OK untuk melanjutka.
  30. Silahkan tunggu.
  31. Welcome screen
  32. Selamat, Anda telah berhasil meng-install Windows XP. Gambar dibawah ini adalah Tampilan Desktop Windows XP.
Langkah selanjutnya adalah meng-install driver hardware dan software aplikasi pendukung.