Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Apa saja bagian dan komponen yang menyusun perangkat canggih ini sehingga dapat melakukan banyak hal? Secara sederhana, kita dapat mengetahui bagian-bagian komputer dari perangkat yang terlihat, yaitu ada CPU, monitor, keyboard, mouse, dan speaker. Namun, sebagai sebuah sistem, komputer mempunyai perangkat yang sangat kompleks dan cukup rumit bagi yang belum memahaminya.

Secara garis besar, bagian komputer terdiri dari 2, yaitu:
  • A. Perangkat Keras atau Hardware
  • B. Perangkat Lunak atau Software
Lebih lanjut 2 bagian besar pada komputer tersebut dibagi menjadi beberapa komponen.

A. Perangkat Keras atau Hardware

Jika dikelompokkan menurut fungsinya, Perangkat keras atau hardware dikelompokkan menjadi 5 bagian, yaitu perangkat pengoperasian, perangkat penyimpanan, perangkat input, perangkat output, dan perangkat tambahan.

1. Perangkat Pengoperasian

Perangkat pengoperasian berada di dalam CPU (Central Processing Unit). Bagian ini merupakan perangkat yang berfungsi sebagai otak komputer, tugas-tugas bagian ini antara lain menyimpan sistem, mengolah data dan mengatur sistem kerja komputer.
  1. Casing
    Casing merupakan komponen komputer yang berfungsi sebagai pakaian atau pelindung dari CPU (Central Processing Unit). Bentuk yang umum adalah kotak persegi, namun bisa juga dengan modifikasi bagi mereka yang senang mengotak-atik casing ini.
    Selain sebagai pelindung CPU, casing juga bisa berfungsi sebagai pendingin tambahan. Karena biasanya, casing modern saat ini dilengkapi dengan kipas pendingin yang jumlah nya bisa lebih dari satu buah.
    Fungsi lainnya yang utama adalah sebagai pondasi untuk menempatkan berbagai bagian komputer lainnya, terutama CPU, seperti motherboard, vga card, soundcard dan lain-lain.
  2. Motherboard
    Motherboard adalah komponen penting dalam kelengkapan sistem komputer. Mengapa? Karena pada motherboard-lah semua komponen komputer terhubung. Motherboard pulalah yang mengendalikan kinerja, hubungan, serta komunikasi antar komponen tersebut. Tanpa motherboard, sistem komputer tak akan bisa berjalan.
    Istilah motherboard sebenarnya memiliki nama lain, yaitu mainboard dan system board. Di dalam dunia TI, istilah yang baku digunakan adalah motherboard. Dengan kata lain, mainboard adalah penyebutan alternatif bagi motherboard. Bentuk fisik motherboard adalah sebuah papan sirkuit tercetak yang ditempeli berbagai chip, slot ekspansi dan slot memori, serta soket prosesor.
  3. Processor
    Setelah motherboard, komponen utama lainnya dari sistem komputer adalah prosesor. Prosesor adalah otak dari segala kecanggihan komputer. Pada dasarnya, secara teknis, komponen ini bertugas melakukan kalkulasi, operasi logika, dan pengambilan keputusan berdasarkan diagram flowchart yang telah diprogramkan.
    Secara umumnya, komponen inilah yang mengolah data, memberi instruksi kepada komponen lain yang tersambung dengan sistem, serta mengendalikan hardware yang terhubung dengan motherboard. Berdasarkan aktivitas yang dilakukan, processor terbagi menjadi tiga bagian, yaitu Arithmatical Logical Unit (ALU), Control Unit (CU), dan register-register.
  4. Memori
    Anda mungkin sering mendengar istilah RAM. Istilah ini sering diasosiasikan dengan memori. Tidak sepenuhnya salah dan tidak sepenuhnya benar pula, karena kedua istilah tersebut (RAM dan memori) sebenarnya memiliki arti yang berbeda.
    Memori dapat dideskripsikan sebagai perangkat elektronik penyimpan data sementara yang akan atau telah diproses oleh alat proses dan memiliki kecepatan akses data yang tinggi. Sedangkan RAM, istilah yang sering digunakan orang untuk merujuk memori, sebenarnya mengacu pada suatu jenis memori berdasarkan kemampuannya untuk dibaca dan ditulisi ulang.
    Benda yang berupa kepingan PCB yang berisi chip-chip memori dan sering disebut-sebut sebagai RAM itu sejatinya disebut sebagai modul memori. Fungsi memori di dalam sistem komputer adalah menyimpan data sementara. Data sementara yang dimaksud adalah data yang akan diproses ke prosesor atau baru saja diproses dari prosesor.
    Berdasarkan kemampuannya ditulisi dan dibaca, memori dibagi menjadi dua jenis:
    • Read-Only Memory (ROM) adalah memori-memori yang isinya hanya dapat dibaca. Dengan kata lain, data yang tersimpan di dalamnya hanya dapat ditulis satu kali dan selanjutnya isi memori tersebut hanya dapat dibaca tanpa bisa diubah.
    • Random-Access Memory (RAM). Inilah jenis memori yang digunakan sebagai memori utama dalam sistem komputer modern. Memori ini sifatnya dapat dibaca dan ditulis ulang. Dengan kata lain, data yang tersimpan di dalam memori tersebut dapat ditulis ulang, dibaca, dan diubah-ubah dengan satu metode.
  5. VGA Card
    Kartu grafis adalah kartu ekspansi (expansion card) yang berfungsi sebagai perangkat pengolah data video dan grafis yang dikeluarkan ke layar penampil seperti monitor atau proyektor.
  6. Sound Card
    Sound Card atau Kartu Suara juga bertugas sebagai pengantar input dari Processor. Sound Card mengantarkannya ke speaker.

2. Perangkat Penyimpanan Data

Berdasarkan jenisnya, media penyimpanan data dibagi menjadi dua bagian, yaitu Media Magnetik (Misalnya, Disket, Harddisk, Flashdisk) dan Media Optik (CD-ROM, CD-R, CDRW, DVD-R, DVD-RW).
  1. Bagian-bagian Komputer - Harddisk
    Hardisk adalah komponen perangkat keras yang berfungsi sebagai penyimpan data. Data yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang walaupun komputer mati. Dalam sebuah harddisk, biasanya terdapat lebih dari satu platter atau piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat tersimpan.
  2. Disket
    Disket sama fungsinya dengan Flashdisk yaitu untuk menyimpan data, ukuran lingkaran dari piringannya hanya 3,5 inci, cara pengoperasiannya yaitu dengan memasukannya ke dalam perangkat yang di sebut Flopydisk. Namun, dewasa ini penggunaan disket sudah jarang ditemukan, bahkan bisa dikatakan sudah tidak ada.
    Tetapi kapasitas disket sangat kecil, bahkan yang banyak beredar pun hanya memiliki kapasitas 1,4 MB (Megabyte). Saat ini disket sangat jarang digunakan lagi pada sistem komputer.
  3. Flashdisk
    Flashdisk merupakan media penyimpan data yang kini sangat populer, disamping bentuknya yang ramping sehingga mudah dibawa kemanamana juga desain yang yang menarik dan beraneka ragam. Seperti telah kita ketahui, disket mempunyai kapasitas 1.4 MB, sedangkan flashdisk mempunyai kapasitas 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB, 4 GB, dan seterusnya.
  4. Disk (CD & DVD)
    Compact Disk atau yang lebih akrab disebut CD dan Digital Versatile Disc atau DVD sama-sama berbentuk piringan atau cakram padat. Kedua media ini dibedakan dari kapasitasnya. CD berkapasitas simpan antara 650-700 MB sementara DVD dapat menyimpan data mulai dari 2 GB hingga 17 GB.

3. Perangkat Input

  1. Keyboard
    Keyboard adalah perangkat yang digunakan untuk mengetik atau untuk menginput (memasukkan) teks, memberikan perintah kepada komputer, serta untuk mengontrol pengoperasian komputer. Ada berbagai jenis tata letak tombol-tombol pada keyboard, namun yang paling populer digunakan adalah tata letak QWERTY.
  2. Mouse
    Mouse berfungsi untuk memberikan perintah kepada komputer. Mouse memiliki dua tombol di kiri dan kanannya, secara umum tombol kiri berarti perintah “OK”, sedangkan tombol kanan biasanya berupa pilihan atau option. Ada pula scroll yang berfungsi untuk menaikan dan menurunkan halaman/tampilan pada layar.
  3. Scanner
    Scanner merupakan alat untuk memindai dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu akan diproses oleh komputer dan diubah menjadi data digital. Kita dapat mengolah kembali data tersebut dengan aplikasi pengolah gambar atau aplikasi pengolah teks.

4. Perangkat Output

Peralatan output dapat berupa Hard-copy device, artinya alat yang digunakan untuk mencetak tulisan atau gambar pada media keras. Contohnya printer. Perangkat output juga dapat menghasilkan/ mengeluarkan soft copy, dan disebut Soft-copy device untuk menampilkan tulisan, grafik, dan suara dalam bentuk media lunak, contohnya monitor dan speaker.

5. Perangkat Tambahan

Yang termasuk perangkat tambahan komputer di antaranya:
  • LAN Card untuk jaringan komputer, 
  •  Modem untuk jaringan internet atau fax, 
  •  TV/FM Tuner untuk instalasi televisi atau radio 
  •  Pen tablet untuk menggambar, 
  •  Web Cam untuk melakukan aktivitas video call, dan sebagainya.

B. Perangkat Lunak atau Software

Yang termasuk ke dalam perangkat lunak komputer adalah OS atau sistem operasi dan program atau aplikasi komputer
  1. Sistem Operasi
    Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan perangkat komputer komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi adalah mengatur jalannya program komputer, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.
  2. Program atau Aplikasi Komputer
    Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya, misal Microsoft Office, Winamp, Windows Media Player, Adobe Photoshop, Notepad, dan masih banyak lagi.